Berita & Pengumuman

Aktivitas Ekstrakurikuler di Hari Sabtu

Publish Date : 3/8/2020 12:01:00 PM   Source : Fatmazzhr

Tidak hanya Senin sampai Jumat, pelajar SMP SULUH tetap beraktivitas untuk menggali potensi di luar akademik, salah satunya adalah pelajar yang mengikuti ekskul Taekwondo dan Marching Band.

Ekskul Taekwondo yang dilatih oleh Bapak Anthony atau yang akrab dipanggil Sabam selalu menyempatkan latihan di hari Sabtu. Latihan yang dilakukan tidak hanya untuk mengikuti kejuaraan, melainkan juga latihan untuk terus belajar gerakan yang baru. Gerakan baru untuk menyongsong murid-murid dapat dengan mudah “naik sabuk”. Jika tingkatan (warna) sabuk sudah dirasa cukup, maka diperbolehkan mengikuti kejuaraan untuk mengharumkan nama sekolah SMP SULUH. Ekskul Taekwondo dalam latihannya juga menargetkan dapat mengikuti kejuaraan nasional dan berharap membawa pulang emas. Hal itu terbukti, ekskul tersebut dapat memenangi kejuaraan tingkat nasional dan membawa pulang beberapa emas.

Di sisi lain, terdapat pula ekskul Marching Band yang biasa disebut MB. Ekskul MB dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu perkusi, horline, colour guard (CG). Perkusi adalah alat music pukul, sedangkan horline merupakan alat tiup, sedangkan colour guard adalah pasukan warna atau pemandu warna. Dari tiga bagian ini saling melengkapi menjadi satu kesatuan yang utuh dan tentunya memiliki perannya masing-masing dalam marching band.

Marching Band SMP SULUH pernah memenangi beberapa perlombaan bahkan diundang bermain di Istana Presiden Republik Indonesia. Hal itu dapat terwujud karena marching band melakukan latihan tambahan yang jatuh pada hari Sabtu. Latihan digunakan untuk melatih kemampuan anak-anak marching band. Latihan juga digunakan untuk menghafal not-not baru dan mempraktikkannya, begitu pula perkusi. Sedangkan colour guard berlatih gerakan baru dan memperdalam gerakan-gerakan lama.

Kegiatan di hari Sabtu ini mencerminkan bahwa SMP SULUH memberikan kebebasan dalam mengekspresikan diri di luar akademik dalam lingkup ekskul dan selalu menggali potensi non-akademik di lingkungan sekolah SMP SULUH. Jadi, biasanya hari Sabtu tidak berproduktif, di SMP SULUH tetap dapat berproduktif. Maka dari itu, mari bersama-sama berproduktif atau beraktivitas selagi masih muda dan mampu.