Berita & Pengumuman

Muhasabah Kelas IX

Publish Date : 3/8/2020 12:28:00 PM   Source : Fatmazzhr

Kegiatan muhasabah merupakan salah satu kegiatan rutin tahunan SMP SULUH. Kali ini musahabah diadakan pada hari Jumat tanggal 21 Februari dalam rangka menghadapi penilaian akhir tahun, ujian praktik, ujian sekolah, dan UNBK. Kegiatan ini diikuti seluruh kelas IX SMP SULUH yang bertujuan untuk meningkatkan spritual kelas IX dan meningkatkan percaya diri anak kelas IX untuk menghadapi ujian-ujian.

Muhasabah dipandu oleh dua pewara yang apik memandu acara, yaitu Ibu Ervi dan Ibu Della. Kedua MC memulai kegiatan muhasabah tentunya dimulai dengan bacaan basmallah. Kegiatan ini Muhasabah ini diawali dengan tadarus dan zikir lalu dilanjut dengan bermuhasabah bersama Ustaz Idrus Asmari, S.Ag.

Dalam kegiatan muhasabah, ustaz menyampaikan bahwa segala usaha harus diiringi 'DUIT'. DUIT di sini berakronim Doa, Usaha, Istikamah, dan Tawakal. Jadi sebelum dan sesudah berusaha harus selalu disertai doa yang dipanjatkan. Tidak hanya itu, usaha juga membutuhkan istikamah. Istikamah berarti selalu konsisten dalam belajar dan usaha. Setelah melakukan doa, usaha, istikamah, langkah terakhir adalah tawakal. Tawakal dapat diartikan sebagai berpasrah diri dengan kehendak Allah. Tetapi perlu digarisbawahi bahwa tawakal di sini harus menempuh doa, usaha, dan istikamah. Tidak serta-merta hanya bertawakal, namun do nothing. Jadi, pada hakikatnya semua aktivitas kehidupan harus berpijak pada “DUIT”.

Selanjutnya, kegiatan muhasabah ditutup dengan salam-salaman yang dilakukan seluruh peserta didik kelas IX. Setiap siswa/i bersalaman dengan para guru dan karyawan SMP SULUH dengan mengharap berkah dari para guru SMP SULUH agar dimudahkan segala urusan khususnya ujian-ujian yang akan dihadapi mereka.

img src="https://i.ibb.co/2y3BYC8/DSCN2479.jpg"